sponsor event

Selasa, 05 April 2011

Modifikasi Motor Grasstrack

Sepeda motor atau yang layaknya disebut motor, di Indonesia memiliki banyak sekali fungsi, selain fungsi dasar sebagai alat transportasi. Fungsi-fungsi tersebut antara lain adalah untuk :
  1. Kompetisi balap
  2. Sarana Bersosialisasi
  3. Sarana Kreatifitas
Untuk kali ini akan kita bahas point satu saja dulu yah, biar gak capek nulis dan bacanya, he..he..he..Di Indonesia, dimana di bagi menjadi dua jenis lomba/balap motor, yaitu on road dan off road, akan tetapi melihat dari daya beli dan kondisi masyarakat yang ada, maka kejuaraan balap motor di Indonesia melakukan penyesuaian dan kreatifitas secara mendasar agar olah raga kompetisi  di bidang balap motor tetap dapat berjalan secara luas dan menyentuh semua lapisan masyarakat.
Apa saja jenis balap yang penuh dengan kreatifitas dan seni di bidang balap motor ini,
  1. Road Race ( Motto Prix dan Indo Prix)
  2. Grasstrack
Mengapa kita sebut penuh dengan kreatifitas dan seni, karena dua jenis lomba ini adalah menggunakan kendaraan atau motor yang di produksi masal sebagai alat transportasi bukan sebagai produk khusus balap atau racing. Dengan sentuhan tangan terampil dan dukungan dari para pecinta olah raga kompetisi prestasi ini maka lahir kembali motor-motor dengan kemampuan yang maksimal di kelasnya ( isi silinder sebagai batasan) yang mampu menjadi motor kompetisi atau motor balap.
Sebenarnya bukan lagi jadi rahasia umum, bahwa untuk membangun sebuah motor agar bisa menjadi motor balap baik di road race ataupun grasstrack, memerlukan biaya yang tidak sedikit atau bahkan bisa disebut biaya untuk memodifikasinya bisa 3 sampai 5 kali dari harga motornya, kenapa begitu...he..he..
Hal itu bisa terjadi karena semua part selain casing/rangka dan bak kopling dan kruk as sudah diganti semua dengan parts racing yang harganya memang sesuai dengan hobi balap prestasi tersebut.

Sebagai contoh untuk grasstrack, part vital yang harus dipasang untuk kelas sport 150 cc modifikasi agar bisa bersaing memperebutkan gelar juara di luar skill pembalap tentunya, adalah:
  1. Shock Upside Down untuk depan
  2. Shock belakang gas adjustable
  3. Swing Arm
  4. Karburator Mikuni 26 mm
  5. CDI unlimiter programable
  6. Magnet & Coil Racing
  7. Piston Racing
  8. Gigi Transmisi racing
  9. Cover body trail
  10. dll
Parts tersebut di atas harganya kalau baru semua... wow..mantap untuk upside down saja harga kisaran 12 juta s/d 17 juta, he..he..sama dengan harga motornya OTR.

contoh foto vixion yang sudah di up grade menjadi motor juara



Tapi terlepas dari semua itu kita patut mengacungi jempol kepada para pelaku balap di Tanah Air, tiada yang bisa menghentikan semangat berkompetisi dan berprestasi di balap motor walaupun belum bisa disejajarkan dengan prestasi dunia balap negara-negara maju, kita harus yakin kelak jika bangsa ini untuk beli YZF, RMF, CRF, YZM dll sudah ringan dan enteng, prestasi dunia akan siap masuk dalam genggaman Putra Pertiwi.
salam....

3 komentar:

Admin mengatakan...

wah... its great! saya jadi ada tempat bertanya ketika ada kawan atau saya yang ingin tahu tentang motor. :)

salam hangat.

MOTOMOTIVE mengatakan...

terima kasih atas kesediaannya berkunjung Bang.
salam blogger!!!

LOYTA #1980 mengatakan...

pagi mas Bro...nih saya lagi mau ngerubah Vixion 2008 saya ke arah Trail...
mohon PETUNJUK untuk penggantian TANKInya..karena didalam tanki vixion ada pompanya..
sedangkan tangki TRAIL dalamnya polosan....
bagamana masangnya mas Bro?